cover
Contact Name
Sri Suryanti
Contact Email
srisuryanti@umg.ac.id
Phone
+6281280297873
Journal Mail Official
didaktika@umg.ac.id
Editorial Address
Faculty Teacher Tranining and Education, Universitas Muhammadiyah Gresik Jl. Sumatera No. 101 GKB Kebomas Gresik Provinsi Jawa Timur
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
ISSN : 16934318     EISSN : 26218941     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/didaktika
Core Subject : Education,
didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan dasar
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)" : 9 Documents clear
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Problem Based Learning Ramli Ramli
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.653 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi kelas terutama keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada materi matriks dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran mode daring. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan dianalisis menggunakan metode statistika deskriptif. Data tentang keaktifan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi ketika proses pembelajaran berlangsung dan data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui tes tertulis setelah proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dan hasil belajar siswa secara signifikan
Penerapan Model Guided Discovery Learning Menggunakan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ivhond Vetriand Marewa
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.992 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2263

Abstract

Banyak faktor yang menyebabkan peserta didik kurang semangat dalam belajar. Hal ini menyebabkan daya tangkap siswa menjadi rendah serta kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja, perlu adanya tindakan untuk mengatasinya. Salah satunya guru harus mampu melakukan proses pembelajaran dengan baik, bermakna bahkan melakukan inovasi. Ada berbagai cara untuk melakukan inovasi dalam pendidikan, misalnya saja dengan menerapkan model, media, metode, strategi, bahkan pendekatan pembelajaran yang bertujuan agar pembelajaran lebih menarik dan tidak terasa membosankan bagi peserta didik. Oleh karena itu peneliti bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran guided discovery learning menggunakan LKPD. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan 16 peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil belajar diukur dengan menggunakan alat evaluasi. Datanya dianalisis menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah implementasi model pembelajaran guided discovery learning menggunakan LKPD. Hal ini terlihat pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas hanya 37,5 % dan naik pada siklus II menjadi 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga guru disarankan untuk menerapkan model Guided Discovery Learning.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Melalui Metode Guided Discovery Learning Maulid Maulid
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1220.087 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2259

Abstract

Hasil belajar siswa SMP Negeri 13 Buton Tengah kelas VII tahun ajaran 2020/2021 dalam mata pelajaran Matematika menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini disebabkan pembelajaran Matematika sering dianggap pelajaran yang sulit dan rumit, serta membutuhkan kemampuan pra-syarat yang memadai untuk mempelajari kompetensi berikutnya. Kemampuan pra-materi yang dimiliki siswa rendah dan guru yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengulang kemampuan pra-syarat siswa menjadi penyebab hasil belajar siswa yang masih buruk. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 13 Buton Tengah dalam pelajaran Matematika materi Bentuk Aljabar melalui pembelajaran model Guided Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang modelnya dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Jumlah subyek penelitian adalah 20 orang dengan karakteristik: 11 siswa adalah perempuan, dan 9 siswa adalah pria; 4 siswa mempunyai kemampuan akademis tinggi, 10 siswa mempunyai kemampuan akademis sedang, 6 siswa mempunyai kemampuan akademis rendah. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus (Oktober – November 2020). Hasil penelitian menunjukkan siklus I rata-rata kelas sebesar 43,5 dan ketuntasan belajar yang mencapai KKM hanya 20%. Siklus II rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 33,75 menjadi 77,25 dibandingkan pada siklus I sedangkan ketuntasan belajar yang mencapai KKM juga mengalami peningkatan sebesar 50% menjadi 70% dibandingkan pada siklus I. Siklus III rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 2,65 menjadi 79,9 sedangkan ketuntasan belajar yang mencapai KKM juga meningkat 10% menjadi 80%. Karena dari siklus II rata-rata hasil belajar dan ketuntasan belajar telah dicapai siswa maka penelitian tindakan kelas dihentikan. Namun siklus III tetap dilaksanakan walaupun hanya sebagai penguatan karena dalam PPG ini telah dirancang untuk tiga siklus.
Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Nanang Suherman
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (885.983 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2264

Abstract

Keaktifan peserta didik kelas IX di SMP Al Biruni Cerdas Mulia pada pelajaran Matematika selama pembelajaran daring menunjukan peserta didik kurang aktif baik dalam pembelajaran sinkron maupun asinkron. Selain itu hasil belajar sebagian besar peserta didik masih dibawah KKM yang ditentukan. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik melalui model guided discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas tiga siklus dimana tiap siklus satu kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 23 siswa kelas IX SMP Al Biruni Cerdas Mulia Bandung. Materi yang digunakan adalah fungsi kuadrat. Instrumen pengambilan data yang digunakan meliputi lembar observasi keaktifan peserta didik, lembar angket keaktifan peserta didik, hasil evaluasi belajar dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data hasil observasi,angket dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar. Hal ini terlihat berdasarkan observasi keaktifan, pada siklus 1 diperoleh keaktifan peserta didik termasuk kategori sedang sebesar 66%, pada siklus 2 diperoleh keaktifan peserta didik termasuk kategori sedang sebesar 74% dan pada siklus 3 diperoleh keaktifan peserta didik termasuk kategori tinggi sebesar 82%. Berdasarkan hasil angket keaktifan peserta didik, pada siklus 1 diperoleh keaktifan peserta didik termasuk kategori sedang sebesar 73%, pada siklus 2 diperoleh keaktifan peserta didik termasuk kategori tinggi sebesar 77% dan pada siklus 3 diperoleh keaktifan peserta didik termasuk kategori tinggi sebesar 82%. Berdasarkan hasil belajar, diperoleh rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 60,30, pada siklus 2 sebesar 67,09 dan pada siklus 3 sebesar 78,64. Sedangkan persentase ketuntasan klasikalnya dipeoleh pada siklus 1 sebesar 39%, pada siklus 2 sebesar 43% dan pada siklus 3 sebesar 83%. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan model Guided Discovery Learning.
Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Persamaan Garis Lurus di SMPN 2 Peukan Safriati Safriati
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1233.465 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan Geogebra yang efektif dalam meningkattkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Kriteria efektif bersandar pada teori intervensi pembelajaran yang meliputi adanya peningkatan capaian hasil belajar setelah intervensi, adanya respon positif siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, keterlibatan (engagement) siswa yang tinggi dalam pembelajaran, serta diperoleh lebih dari 75% siswa mencapai skor 75 dari skala 100 dalam tes pemahaman konsep matematika. Peningkatan pemahaman konsep matematika diselidiki melalui indeks gain ternormalisasi. Peningkatan pemahaman konsep matematika dideskripsikan dengan bersandar pada statistik deskriptik. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang memiliki karakteristik efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SMP sehingga siap untuk disebarluaskan. Disarankan agar guru lebih diberi kesempatan untuk mengimplementasikan perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika sehingga dapat di harapkan siswa memperoleh kemampuan pemahaman konsep yang lebih tinggi lagi
Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Pada Materi Persamaan Garis Lurus Pendy Santoso
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1108.729 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2265

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik yang rendah dalam pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik, peneliti menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan populasi adalah peserta didik kelas VIII SMP Lentera Kasih Bali Tahun Ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data untuk keaktifan peserta didik adalah observasi dan pengisian angket keaktifan, sedangkan untuk pengumpulan data hasil belajar menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Keaktifan belajar peserta didik meningkat dalam mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning (nilai rata-rata keaktifan peserta didik berdasarkan observasi untuk siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 berturut-turut adalah 73, 78, dan 82, sedangkan berdasarkan angket keaktifan berturut-turut adalah 69, 78, dan 82). (2) Hasil belajar peserta didik meningkat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan model problem based learning pada materi persamaan garis lurus (nilai rata-rata hasil belajar peserta didik untuk siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 berturut-turut adalah 44,8; 70,7; dan 79,6)
Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Percaya Diri Siswa Melalui Model Guided Discovery Learning Tyas Ayun Endramawati
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.964 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2261

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan percaya diri siswa melalui penerapan model guided discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas tiga siklus dimana tiap siklus satu kali pertemuan yang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 8 Yogyakarta. Materi yang digunakan adalah transformasi geometri. Instrumen pengambilan data yang digunakan meliputi tes tertulis pemahaman konsep, lembar angket sikap percaya diri dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data hasil tes dan data hasil angket. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hal ini terlihat pada siklus 1 diperoleh siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 33%, pada siklus 2 diperoleh siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 47% dan pada siklus 3 diperoleh siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 72%. Sedangkan pada sikap percaya diri siswa juga terdapat peningkatan. Hal ini terlihat pada siklus 1 diperoleh siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 33%, pada siklus 2 diperoleh siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 47% dan pada siklus 3 diperoleh siswa yang termasuk kategori tinggi sebesar 75%. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penerapan model Guided Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan sikap percaya diri siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan model Guided Discovery Learning.
Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Berbasis Kontekstual Project Untuk Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Sri Suryanti
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.654 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2266

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengdaptasi teori Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik, tahun akademik 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner keterlibatan mahasiswa yang terdiri dari delapan item. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan buku ajar secara teoritis, dengan didasarkan pada penilaian ahli dengan rata-rata 90.82 dengan kategori yang sangat valid dan layak digunakan. Sedangkan hasil pengamatan terhadap keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran setelah digunakan buku ajar, menyebabkan keterlibatan yang sangat positif, dari indikator keseluruhan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran, mendapatkan skor rata-rata 4.74 (rentang skor 1-5).
Penggunaan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Matriks As'ar Musrimin Hadi
DIDAKTIKA Vol 27 No 2 (2021): Vol 27 No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1512.785 KB) | DOI: 10.30587/didaktika.v27i2.2262

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi matriks kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Tirawuta setelah diterapkannya penggunaan LKPD dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Tirawuta tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik kualitatif. Teknik analisis data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di kelas berupa Observasi dan hasil catatan lapangan. Siklus akan berhenti jika indikator keberhasilan telah tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi matriks. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukan dari tes akhir siklus. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 68 dan ketuntasan klasikal sebesar 61,11%. Sedangkan pada siklus 2 nilai rata-rata kelas naik menjadi 82,92 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 88,89%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada materimatriks.

Page 1 of 1 | Total Record : 9